PT. Neuronworks Indonesia

2020-01-28 10:45:24, Nineu Indah Kiani,


How Important Employee Engagement

Anda menginginkan karyawan pekerja keras yang secara aktif terlibat dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Anda dapat menciptakan budaya keterlibatan organisasi atau disebut dengan Employee Engagement dengan melakukan 5 hal berikut:
1. Jangan Melewatkan Onboarding Dan Pelatihan
Jika seorang karyawan tidak memiliki tanggung jawab atas tanggung jawab mereka, mereka tidak akan dilibatkan. Sebaliknya, mereka akan bingung, frustrasi, dan bergegas untuk mengejar ketinggalan. Karyawan yang dapat menguasai beban kerja memiliki kesempatan lebih baik untuk merasa bangga dengan apa yang mereka lakukan. Pekerja yang bersemangat untuk mencapai tujuan mereka terlibat dengan perusahaan. Onboarding dan pelatihan karyawan baru adalah beberapa langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk memastikan karyawan terlibat di tempat kerja.
Satu survei SHRM melaporkan bahwa sepertiga dari karyawan baru meninggalkan pekerjaan mereka setelah hanya enam bulan. Anda memiliki kurang dari enam bulan untuk membuat karyawan terlibat sepenuhnya dengan posisi mereka. Dengan program orientasi dan pelatihan yang sukses, karyawan akan belajar cara melakukan pekerjaan secara efektif. Inilah saatnya mereka dapat terlibat dengan Anda dan mengajukan pertanyaan, menawarkan ide, dan menyuarakannya.
Bagi sebagian besar karyawan, orientasi dan pelatihan juga merupakan salah satu cara mereka menjalin ikatan dengan rekan kerja dan mengembangkan koneksi ke perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak teman yang dimiliki karyawan di tempat kerja, semakin terlibatlah mereka. Satu studi menemukan bahwa hanya 28% karyawan tanpa teman kerja yang terlibat, dibandingkan yang tidak memiliki teman kerja. Onboarding & Pelatihan mendorong hubungan antar karyawan.
2. Tetapkan Tujuan Perusahaan
Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda memerlukan rencana bisnis dengan daftar tujuan yang ingin Anda capai. Untuk melibatkan karyawan, Anda perlu melibatkan mereka dalam mencapai tujuan bisnis. Anda harus menetapkan sasaran tahunan, semi-tahunan, triwulanan, dan bulanan sehingga karyawan memiliki sesuatu untuk diusahakan. Mencapai tujuan adalah sesuatu yang mendorong keterlibatan karyawan.
Karyawan ingin tahu bagaimana posisi mereka cocok/sesuai dengan posisi lain di perusahaan. Dan, mereka ingin mempelajari bagaimana pekerjaan mereka memengaruhi bisnis Anda secara keseluruhan. Anda dapat menetapkan sasaran perusahaan secara umum serta sasaran di dalam setiap departemen. Dengan begitu, setiap karyawan tahu bagaimana pekerjaan mereka memengaruhi departemen dan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan.
3. Akui Kinerja Karyawan
Karyawan tidak secara otomatis memiliki ikatan dengan pekerjaan & perusahaan ketika Anda memberi mereka lebih banyak pujian, terima kasih, atau jenis pengakuan lainnya. Tetapi, karyawan dapat dengan cepat melepaskan diri jika mereka merasa tidak terlihat. Oleh karena itu, penting bagi karyawan untuk mengenal rekan kerja mereka dan mengembangkan persahabatan dengan mereka. Tetapi juga penting untuk mengembangkan hubungan rasa hormat dan persahabatan antara atasan dan karyawan.
Ketika saya mengatakan mengakui karyawan, saya tidak bermaksud memberi mereka pujian untuk setiap hal kecil yang mereka lakukan. Saya berbicara tentang hal-hal seperti mengatakan "Halo," "Selamat malam," atau "Terima kasih." Dan ketika karyawan itu melakukan upaya ekstra, akui itu. Manajemen keterlibatan karyawan Anda harus menekankan mengakui karyawan atas kerja keras mereka. Menurut Gallup, karyawan yang tidak dikenali keberadaan & kinerjanya, dua kali lebih memungkinkan untuk berhenti.
4. Fokus Pada Pengembangan Karyawan
Ada banyak alasan mengapa pencari kerja melamar dan menerima posisi, seperti gaji dan tunjangan. Namun, banyak pekerja juga menginginkan kesempatan untuk menumbuhkan karir mereka. Satu pendapat Gallup menemukan bahwa 87% kaum milenial (dan 69% non-milenial) memandang pengembangan diri sebagai hal penting dalam pekerjaan mereka. Karyawan ingin mengembangkan keterampilan mereka dan terus menantang diri mereka sendiri. Mereka tidak ingin melakukan tugas-tugas monoton yang membutuhkan usaha minimal. Karyawan yang terlibat terus-menerus menggunakan pikiran mereka dan meningkatkan keterampilan mereka.
Anda dapat fokus pada pengembangan karyawan dalam beberapa cara berbeda. Anda dapat menambahkan tugas baru ke posisi karyawan untuk mencegah kebosanan, memberikan ruang untuk pertumbuhan di posisi itu, atau menawarkan program rotasi pekerjaan sehingga karyawan sering melakukan tugas yang berbeda. Cara lain Anda dapat menekankan pengembangan karyawan adalah dengan menawarkan bantuan pendidikan. Ini adalah kegembiraan luar biasa yang memungkinkan karyawan melanjutkan pendidikan. Ini menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghargai perkembangan karier mereka, dan juga memungkinkan Anda untuk menambah keterampilan baru ke bisnis Anda.
5. Hindari Manajemen Kerja Skala Mikro
Jika karyawan diberi tahu persis apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, mereka tidak akan punya waktu atau motivasi untuk terlibat dengan pekerjaan secara penuh. Mereka akan lebih seperti robot. Karyawan tidak dapat merasa bergairah jika mereka tidak memiliki kebebasan dalam cara melakukan pekerjaan mereka.
Karena jika kita mengawasi setiap langkah dari jalan mereka, karyawan tidak akan memiliki kebebasan untuk mengembangkan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan masalah dan terlibat dengan pekerjaan. Mulailah dengan melihat gambaran besarnya. Serahkan detailnya kepada karyawan Anda, dan Anda akan berakhir dengan pekerja dengan senang hati menerapkan metode dan ide mereka sendiri ke dalam tindakan.